DIMULAI UNTUK MENJALANKAN LAGI: BAGAIMANA MENGEMBALIKAN UNTUK MELATIH SETELAH BREAK

Hampir semua pelari pernah mengalaminya: harus berhenti karena cedera, kurang motivasi, kehamilan atau sakit adalah hal yang sangat umum.

Penting untuk mengetahui bagaimana melakukan pelatihan Anda lagi (dengan aman) setelah istirahat panjang. Baca saran saya tentang cara bangkit kembali setelah istirahat dan terhubung dengan apa yang kita semua sukai, berlari!

14.09._How-to-start-running-again

APA YANG TERJADI PADA TUBUH KETIKA ANDA MENGAMBIL BREAK?
Tidak masalah jika alasan istirahat Anda dari berlari dipaksakan (karena sakit, cedera, kelelahan, dll) atau karena Anda merasa malas: cara tubuh bereaksi adalah sama. Volume darah dan laktat menurun setelah beberapa waktu. Hal yang baik adalah bahwa semakin lama Anda berlatih sebelum istirahat, semakin cepat Anda beradaptasi dengan rutinitas Anda. Untuk pemula, jauh lebih sulit untuk melatih ulang daripada untuk pelari yang telah berjalan selama bertahun-tahun.

PENGEMBALIAN SETELAH BREAK
Fakta yang menarik: tubuh kita mengingat gairahnya. Segera setelah Anda mulai berlari lagi, semuanya akan menjadi akrab. Memori otot adalah fungsi tubuh yang luar biasa. Secara psikologis, lebih mudah untuk kembali ke sesuatu yang akrab bagi kita, sesuatu yang telah kita lakukan sebelumnya, daripada memulai olahraga baru untuk pertama kalinya. Anda akan melihat bahwa mulai berjalan setelah istirahat panjang akan lebih baik dari yang Anda bayangkan.

14.09._How-to-start-running-again-2

MENTALITAS SEGALA SESUATU
Ketika saya harus mengambil istirahat dari berlari untuk patah tulang tahun yang lalu, pada awalnya saya jatuh. Saya berlatih untuk maraton babak pertama saya dan tiba-tiba saya harus berhenti berlatih selama beberapa minggu! Bagaimana? Jika Anda pernah menemukan hal seperti itu dalam “karier” Anda dalam berlari, bersikaplah positif. Setiap situasi memiliki sisi positifnya meskipun pada awalnya tidak masuk akal bagi Anda. Jadi saya berkata pada diri sendiri bahwa saya akan bisa berlatih lagi dalam waktu sekitar 4 minggu dan itu bisa jauh lebih buruk. Jangan membuat kesalahan dengan memesan pizza setiap malam dan berubah menjadi sayuran. Bantu tubuh Anda untuk sembuh.

Gunakan waktu ini untuk melakukan hal-hal yang sebelumnya tidak Anda punya waktu. Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak-anak Anda atau menjelajahi kegiatan baru, seperti bersepeda atau berenang. Saat ini Anda seharusnya tidak peduli mengapa Anda tidak bisa lari. Jangan fokus pada hal itu. Ambil kesempatan untuk tumbuh dan manfaat dari situasi ini. Dari istirahat pertama saya dari berlari saya belajar bahwa saya harus tahu cara mendengarkan tubuh saya dan meluangkan waktu untuk beristirahat dan memulihkan diri. Memiliki pola pikir yang benar adalah kuncinya!

KIAT UNTUK MENGEMBALIKAN PELATIHAN ANDA
Selama istirahat dari berlari Anda akan kehilangan massa otot. Itu normal dan tidak ada alasan untuk khawatir karena Anda akan menang lagi dengan sangat cepat ketika Anda berlatih lagi. Tapi apa pun yang Anda inginkan, jangan lupa pentingnya mengambil sesuatu dengan lambat ketika Anda kembali ke pelatihan Anda. Tidak masalah berapa lama Anda telah berlari.

Berikut adalah panduan singkat tentang cara kembali ke pelatihan Anda:
Seperti yang Anda lihat, semakin pendek istirahat latihan, semakin sedikit Anda akan merusaknya. Lebih mudah untuk kembali ke latihan normal Anda jika sisanya lebih pendek. Yang terpanjang, terutama yang karena cedera atau sakit, membutuhkan lebih banyak langkah untuk kembali ke normalitas lari Anda. Jika cedera atau sakit, Anda akan tahu bahwa Anda siap untuk berlari lagi hanya jika Anda bisa berjalan selama 45 menit tanpa harus berhenti dan tanpa rasa tidak nyaman. Balapan terpendek dan teringan dari waktu ke waktu adalah yang terbaik. Tubuh perlu menyesuaikan kembali dengan pelatihan sehingga Anda dapat mengikuti aturan 10%. Tingkatkan jarak tempuh Anda sebesar 10% setiap minggu sampai Anda dapat berlari seperti sebelum beristirahat. Dan seperti biasa, jangan lupa jadwalkan hari istirahat.